Belajar Tahap Demi Tahap Memulai Ternak burung Lovebird Lengkap

Penghobi burung mulai melihat adanya potensi peluang usaha beternak burung berkicau salah satunya lovebird, tidak membutuhkan modal banyak sekaligus menjalankan hobi dan juga kesehariannya tidak sulit pakannya, karena lovebird termasuk mudah dalam perawatan dan makanannya.

Ditambah lagi senter yang terdengar, peminat lovebird meningkat, memperhatikan itu, bermunculan peternak lovebird, termasuk saya sendiri ingin mencoba bagaimana merasakan beternak lovebird, melihat teman kok sepertinya mudah. dari sinilah muncul membuat rangkuman dari beberapa artikel yang saya baca, saya gabungkan hingga diharapkan bisa menjadi panduan bagi yang sama seperti saya ingin Belajar Tahap Demi Tahap Memulai Ternak burung Lovebird Lengkap

Beberapa tahapan yang saya lakukan sebelum memulainya adalah

Pertama membaca tentang peternakan lovebird tujuannya agar paham tentang burung berkicau lovebird ini, bisa dibilang baca-baca ini untuk mendapatkan teorinya.

Kedua, adalah bermain keperternakan, untuk melihat langsung suasana kandang peternakan dan menggali ilmu langsung dengan pemiliknya.

Jika disekitar atau dilingkungan anda tidak ada peternak anda bisa belajar video, dibawah ini contohnya



Dengan kedua hal tersebut, menjadi modal awal untuk mempraktekannya, berikut ini Belajar Tahap Demi Tahap Memulai Ternak burung Lovebird

1. Pilih burung lovebird untuk diternakan

Teridiri dari pemlihan jenis kelamin, usia burung love bird dan tujuan ternak apakah untuk pengembiakan semata atau untuk menghasilkan burung lomba
berikut simak ulasannya

Memilih Jenis Kelamin Lovebird

Bagi orang awam, membedakan antara Lovebird betina dengan Lovebird jantan terkadang sangat sulit, bahkan seorang profesional pun terkadang masih bisa kecele. Walau demikian, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui jenis kelamin dari Lovebird, berikut adalah beberapa diantaranya.

a. Betina biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada pejantan. Meski demikian, biasanya ukuran kepala betina sedikit lebih kecil.

b. Jenis betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar karena akan digunakan untuk bertelur.

c. Juga, anda bisa melihat perbedaan antara pejantan dan betina pada saat mereka bertengger. Kaki milik Lovebird betina akan sedikit renggang dibandingkan pejantan.

d. Jangan tertipu dengan Lovebird yang berpasangan. Terkadang Lovebird jantan bisa berpasangan dengan pejantan lainnya. Begitu juga sebaliknya. Dengan kata lain, ada banyak Lovebird yang berpasangan sesama jenis.

e. Bentuk tubuh dari Lovebird betina biasanya lebih bulat dan terasa berisi.

f. Betina juga biasanya memiliki suara kekek yang lebih panjang.

Usia Produktif
Seekor Lovebird pejantan sudah siap untuk membuahi pada usia 8 bulan. Sedangkan untuk betina idealnya berusia 1 tahun.

Menentukan Tujuan Breeding
Jika anda ingin menghasilkan burung Lovebird yang memiliki suara bagus, sebaiknya anda memilih betina yang juga memiliki suara bagus. Namun apabila anda menginginkan warna yang bagus, sebaiknya anda juga mencoba mengawinkan antara satu pejantan dengan beberapa betina. Anda bisa melakukannya dengan metode poligami seperti satu pejantan dikawinkan dengan tiga betina.

2. Kandang sangkar ternak lovebird

Sepasang Lovebird biasanya akan lebih mudah dikembangbiakkan dibandingkan dengan apabila dikumpulkan dalam jumlah yang banyak di dalam satu kandang. Dengan demikian, anda bisa merancang sebuah sangkar yang kira-kira ukurannya antara 40 x 40 x 40 / 50 x 50 x 50 cm. Kemudian, jangan lupa untuk memberikan tempat bertelur (sarang) anda bisa membuatnya dari kotak yang berukuran 20 x 25 x 25 cm.

Anda bisa mengisinya dengan daun kering, ranting-ranting, rumput kering atau sobekan kain, anda juga bisa menambahkan serbuk gergaji yang tidak terlalu berbau. Serbuk gergaji akan berfungsi untuk menyerap setiap kotoran atau sesuatu yang lembab.
Jenis burung ini sangat suka bertengger sehingga usahakan untuk tidak lupa memberikannya tempat bertengger, bisa terbuat dari kayu atau ranting


Contoh kandang



Ada juga penangkaran atau ternak untuk banyak lovebird, seperti dibawah ini



Tempat bertelur

Media bertelur dan mengeram – Lovebird membutuhkan media beternak yang sedikit berbeda dengan burung lain yang tinggal disediakan media sarang saja. Lovebird membutuhkan media semacam glodok. Glodok terbuat dari kayu yang keras, biasanya menggunakan kayu jati atau sonokeling. lalu untuk menggunakan serutan kayu untuk ditaburkan didalamnya. Sebaiknya sediakan pula kayu yang tidak terlalu keras, karena naluri lovebird untuk membuat sangkar untuk mengerami telurnya. Kayu tersebut akan di sobek – sobek sedikit demi sedikit dengan peruh bengkoknya dan diangkutnya kedalam glodok.

Tempat Makan

Untuk tempat makan biar tidak bolak-balik isi air anda bisa membuatnya sendiri tempat pakan dari botol mineral untuk dikandang ternak, berikut cara membuatnya



3. Menjodohkan dan Mengkawinkan Lovebird

Setelah anda menentukan usia Lovebird pejantan maupun betina, biasanya mereka sudah siap untuk kawin. Untuk Lovebird jantan, usia ideal adalah 8 bulan, dan untuk yang betina biasanya saat mencapai usia 1 tahun. Tempatkan mereka didalam satu kandang, biasanya mereka akan kawin, dan kemudian hasilnya bisa kita lihat antara 3 hingga 10 hari setelah perkawinan terjadi.
Sedangkan waktu inkubasi (mengeram) berlangsung antara 22 hingga 25 hari. Proses mengeram tersebut sebaiknya jangan diganggu, kecuali apabila anak burung diabaikan oleh induknya

Lovebird yang sudah berjodoh, akan memperlihatkan sikapnya yang saling menyayangi dengan penuh cinta. Jika sepasang sejoli ini sudah melakukan perkawinan, sang betina akan mencari dedaunan atau ranting – ranting kecil untuk alas dia bertelur. Dan tak luput dengan merobek – robek kayu yang tak terlalu keras yang telah disediakan.

Lovebird yang subur, akan menghasilkan telur lebih dari 3 biji, namun kebanyakan dari lovebird diternakan bertelur 3 biji saja. Masa pengeraman sekitar 21-23 hari dan pada saat menetas, lovebird membutuhkan waktu hampir satuhari sampai telur benar – benar pecah dan sang anak keluar dari cangkang telur. Pada saat pengeraman, sang jantan sebaiknya dipisahkan agar tidak mengganggu proses pengeraman. Pilihan lain adalah dengan memindahkan sang jantan untuk dikawinkan dengan indukan lain yang sudah disiapkan. Lakukan tahap penjodohan seperti pada betina yang pertama.

Untuk lovebird yang pertama kali bertelur, kemungkinan telur tidak akan menetas, namun tak usah khawatir, karena hal itu termasuk wajar. Hal ini bisa dikarenakan usia yang belum mapan, lingkungan yang mengganggu dan juga faktor pakan. Kebanyakan orang menyebut hal ini dengan istilah telur dara. lovebird akan berproduksi sempurna pada masa bertelur yang kedua kalinya.

Berikut untuk memberikan gambaran bagaimana proses penjodohan burung lovebird anda bisa simak pada viedo ini.




Menyiapkan makanan agar Lovebird cepat bertelur

Agar Lovebird cepat bertelur, coba tingkatkan gizi pada makanan harian Lovebird, seperti pemberian milet, biji sawi, Kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, dan lain-lain.

Suplemen dan vitamin Lovebird

Jika anda akan menambahkan vitamin untuk lovebird, berikut ini ada referensi beberapa vitamin


Supervit merupakan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi Lovebird. Suplemen ini juga bisa digunakan untuk semua jenis burung.

Smart NHB adalah suplemen yang dapat membantu semua jenis burung agar aktif dalam berkicau, terutama Lovebird agar ngekek panjang. Selain itu, Smart NHB juga bisa mengobati burung kicauan yang macet bunyi, lesu, dan kurang aktif saat dalam masa mabung.

Stamino merupakan multivitamin untuk meningkatkan dan menjaga performa Lovebird saat mengikuti lomba. Multivitamin ini akan menjaga kondisi tubuh Lovebird agar tetap prima, memiliki napas panjang, serta membuat suara Lovebird menjadi lebih lantang.

Bionic High Performance adalah suplemen khusus untuk meningkatkan performa burung kicauan, terutama Lovebird. Menariknya lagi, suplemen ini tidak berwarna dan tidak berasa, sehingga tetap dapat dikonsumsi oleh burung yang suka pilih-pilih air minum.

Ebod Vit merupakan multivitamin untuk meningkatkan stamina, menghilangkan stres, menjaga keseimbangan tubuh, menambah nafsu makan, merangsang Lovebird ngekek panjang, dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan Lovebird.

Extreme Power Bird Fighter Suplement merupakan suplemen untuk meningkatkan power burung, stamina, vitalitas, mental daya tahan, dan kekebalan tubuh burung agar benar-benar siap lomba.
Moncer 1 adalah suplemen untuk membuat burung rajin berkicau gacor, mengatasi burung macet bunyi karena stres dan ngurak, meningkatkan stamina, serta mengatasi burung yang terlambat birahi.
Squaplus merupakan suplemen untuk mengatasi masalah-masalah pada burung, seperti burung tidak mau bunyi setelah mabung, burung ngeriwik, burung tidak birahi, dan gangguan sistem metabolisme, anabolisme, serta katabolisme pada burung.

Orbird adalah nutrisi alami yang terbuat dari bahan herbal khusus plus madu dan tanpa bahan kimia. Suplemen ini baik untuk pertumbuhan kesehatan burung kicau, pencegahan dan penyembuhan dari berbagai macam penyakit.

Biojanna 6 merupakan nutrisi herbal prebiotik dan antibiotik untuk membuat burung semakin lincah dan gesit, menambah nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan, mengobati peradangan pada mata burung, dan mempercepat pertumbuhan bulu muda.
RB+ adalah supleman untuk menaikkan birahi burung, menjadikan burung lebih rajin berkicau, dan meningkatkan kinerja burung di lapangan. RB+ mengandung minyak jangkrik dan squalen yang aman digunakan untuk semua jenis burung kicau.

Viagaro merupakan supleman probiotik yang engandung multivitamin, mineral, dan mikrobakteri. Formula ini merupakan sumber vitamin, antibiotik, antioksidan dan anti virus yang dikhususkan untuk meningkatkan stamina burung.

Penanganan pasca menetas

Cara ternak lovebird pada tahap pasca menetas memang salah satu tahap yang paling menegangkan. Untuk itu biarkan indukan merawat anaknya hingga anaknya dengan sendirinya keluar dari sarang.sebelum itu dari awal anakan menetas pakan tambahan pelet dan bubur bayi kering harus ada untuk proses lolohan.
Nah akhirnya saat yang ditunggu untuk memanendan hal ini adalah hal yang sangat menyenangkan untuk peternak.
Sekedar info 1 indukan bisa menghasilkan 2-4 ekor anak burung lovebird.

Untuk sementara burung love bird yang kita sapih masih harus ada makanan yang lembut karena usus mereka belum mampu untuk memakan biji-bijian keras secara langsung.
contoh kita bisa berikan jagung muda yang dipasrah dan dicampur pelet. 2 minggu setelahnya baru pengenalan milet dan makanan tambahan lainnya.

Saatnya untuk bangga dan menikmati kesuksesan beternak burung yang satu ini,mudah kan dan makanan burung ini tidak membuat kebingungan atau bikin kantong bolong, dan pastinya prospek yang cukup menjanjikan.


Panen Lovebird

Setelah melalui proses pemilihan jenis kelamin, kemudian perjodohan tibalah saatnya panen anakan lovebird, seperti dibawah ini videonya




UPDATE HARGA RESELLER MULAI = 27 Maret 2016.

L O V E B I R D / ekor :
(Umur 2 - 4 bulan campur)

ORDER LEBIH 20 ekor = GRATIS Ongkos Kirim Se Jawa jalur Kereta Api.

- Hijau Standart = 160.000
- Kepalamas (PASJO) = 170.000
- Pastel Kuning = 215.000
- Biru Langit / Pastel biru = 225.000
- Pastel putih = 275.000
- Biru Cobalt = 275.000
- Biru Mangsi = 300.000
- Olive / Mauve = 300.000
- Lutino Mata Hitam = 300.000
- Albino Mata Hitam = 425.000
- Lutino Mata Merah = 480.000
- Albino Mata Merah = 600.000
- Hitam / Batman = 600.000
- Non KLEP Hijau = 100.000
- Non KLEP Warna Non Hijau = 115.000
- Non KLEP Mata Merah = 210.000

- KETERANGAN =
==> HARGA LOVEBIRD DEWASA UMUR 6-12 bulan = HARGA TSB DIATAS + 35%
==> HARGA LOVEBIRD PROSPEK TRAH NGEKEK (FIGHTER) = 225-250 rb (siapan durasi 3-5-7 detik, masih bisa dipoles lebih panjang lagi)
PRESTASI 5-10 sertifikat = 1.000.000 - 5.000.000


Mengakhiri sharing Belajar Tahap Demi Tahap Memulai Ternak burung Lovebird berikut ini ada peternak lovebird terbesar.


Sekian semoga bermanfaat. dan sukses ternaknya

Posting ini dari berbagai sumber berikut daftarnya

Sumber :
https://www.facebook.com/distributorburung/posts/871999332890058
http://www.budidayakenari.com/2015/08/ternak-lovebird.html
http://paburung.club/langkah-beternak-lovebird/
http://masterz-seo.blogspot.com/2014/10/cara-ternak-lovebird-secara-gampang.html
http://burungnya.com/cara-ternak-lovebird-untuk-pemula-yang-baru-memelihara-lovebird/


Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs https://www.lapakdigital.web.id, klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online