Top Seller Bukalapak Faisal Adlan ST Jual Online Mainan Omzet Ratusan Juta

Semoga menginspirasi dan memberikan semangat kepada kita semua yang baru memulai belajar bagaimana jualan online di internet.

Faisal Adlan – Raih Omzet Ratusan Juta Rupiah dari Bisnis Online Mainan

Faisal Adlan ST (28), Salah satu Top Seller Bukalapak yang mempunyai lapak di Icaltoys ini, mengawali bisnis online sejak tahun 2008 hingga sekarang ini. Menjual berbagai macam jenis mainan seperti Diecast dan Lego. Bisnis yang digelutinya ini sangat berkaitan erat dengan hobinya dari kecil, yaitu mengkoleksi mobil-mobilan. Menurut ceritanya, hasil koleksi mainan selama 3 tahun yang dikumpulkannya, terjual habis hanya dalam waktu 3 jam saja, dan beliau meraih keuntungan yang sangat luar biasa dari penjualannya itu. Mau tahu cerita selengkapnya, yuk simak wawancara dari Tim Bukalapak dengan salah satu top seller berikut ini.

Simak juga :
Gramcaster Mengotomatisasi Instagram
Sejuta dari Instagram, TEKNIK MENGHASILKAN UANG LEWAT INSTAGRAM
Optimasi Akun Instagram 11 Poin Materi
Jualan di Instagram Yuk Menikmati Gurihnya Berjualan di Instagram



Sejak kapan jualan online?

Sejak tahun 2008

Awal mula menjalankan bisnis di internet?

Cerita awalnya, sejak kecil saya suka yang namanya mobil mobilan. Ketika masuk di bangku kuliah tahun 2004 saya mulai mengkoleksi kembali
mainan mobil-mobilan yang dulu pernah saya punya karena sudah hancur dimainkan sejak kecil. Nah mainan ini ada tersebar di toko-toko mainan di Jakarta.
Yang besar-besar, setelah 3 tahun koleksi. Awalnya saya iseng posting koleksi saya di Kaskus dan Facebook pada saat itu. Ternyata banyak yang pm saya
menanyakan berapa harganya ?. 

Pada saat mulai banyak yg pm berapa harganya, saya sendiri bingung berapa saya harus jual? Alhasil dari sana saya bergabung ke komunitas pecinta mainan. Nama komunitasnya TOMOCI, Toys model collector Indonesia.

Disana banyak senior-senior yang mengajarkan saya, dan menyarankan harga-harga koleksi saya itu dijual berapa. 
Tahun 2007 pertama kali saya ikut gathering Tomoci itu dan banyak orang yang bingung, barangnya kok tidak ada dipasaran semua?

Saya juga bingung, ini kan barang yang saya beli tahun 2003 s/d 2006 lalu, kok di tahun 2007 sudah menjadi langka. Alhasil setelah dari pulang gathering itu, barang ludes dilahap para kolektor.

Saat tahun 2007 itu, sebanyak 400 pcs item koleksian saya yang saya kumpulkan selama 3 tahun ludes dalam waktu 3 jam saja (sold out).
Padahal saya kasih harga banderol 4x lipat dari harga saya beli waktu itu. Sehingga, pada saat itu saya hampir bawa uang Rp.30.0000.000 cash dari penjualan 400 pcs item itu. Padahal total seluruh uang yang saya belanjakan untuk diecast mobil-mobilan itu tidak lebih dari 10 juta.

Pada saat itu adalah kuliah tingkat 3, senang bukan main pada saat pegang cash 30 juta kurang dikit dari jual mobil mainan. Jelas 20 juta profit ditangan. Namun timbul masalah, semua mobil-mobilan yang saya koleksi semuanya sudah sold out, saya justru tidak punya koleksi apa-apa saat itu. Disinilah titik balik mulainya IcalToys. Saya mulai contact teman-teman saya yang kuliah di luar negri, juga saudara, khususnya yang sering mondar mandir dari USA. Dengan bermodal 30 juta tadi saya kontak teman-teman dengan skype saja cukup, dan atur pengiriman dari Amerika ke Indonesia.

Mengapa memutuskan untuk berjualan online?

1. Cakupan customer luas

2. Tidak perlu tempat representative

3. Fokus modal dapat di alirkan 90 persen ke stock barang yang kita import

4. Toko selalu buka 24 jam

5. Effisien dalam hal operasional usaha

6. Menjaring reseller, pembeli grosir lebih mudah

Produk apa saja yang dijual?


Mengapa memilih produk tersebut untuk dijual?

Karena kita memang fokus menggarap barang hobby

Apa ada toko fisiknya?

Hanya ada kantor saja, dan kita sering ikut di event-event pameran saja

Sejak kapan dan kenapa memutuskan untuk membawa produk tersebut go online?

Sejak awal berjualan sudah langsung online

Total jumlah produk ada berapa?

Total ada sekitar 15.000 pcs item berbeda-beda varian dan jenis yang kita tawarkan

Produk apa yang paling laris?

Semua produk yang kita jual selalu sold out dalam sebulan, dan kita import kembali untuk restock

Rata-rata, berapa jumlah transaksi dalam sehari?

Sekitar Rp.15.000.000 – 20.000.000 / hari

Ambil produk dari siapa? Importir atau distributor?

Kita sebagai importir, dan juga distributor secara online

Selain di Bukalapak.com, jualan online di mana saja?


Kapan bergabung dengan bukalapak.com?

30 agustus 2014

Media sosial yang digunakan apa saja? Dan sejauh mana efektivitasnya?

Facebook fanpages, instagram, twitter sangat efektif karena kita dapat omset 400 juta sebulan itu dari sana jualannya.

Bagaimana cara menghadapi kompetitor produk serupa?

Kompetitor kita yang selevel yaitu importir yang main sama persis seperti kita, sejauh ini belum ada.

Punya asisten atau karyawan yang membantu?

Team kita berjumlah 15 orang, meliputi packing, cs, keuangan, kurir, order processing, dan asisten foto.

Untuk pengiriman barang, apakah dijemput atau diantar ke tempat jasa pengiriman barang?

Pick up JNE

Apa punya reseller? Berapa banyak dan di mana saja?

Ada banyak reseller kita, sekitar 100 reseller, tersebar di jawa, jogja, sidoarjo, surabaya, medan, balikpapan, bandung, jakarta, dan bali.

Bagaimana pendapat Anda soal BL Payment System?

sangat baik,

Punya pengalaman tidak enak selama menggunakan BL Payment System?

tidak ada



Kritik dan saran untuk BL?

1. Lebih banyak beriklan di televisi

2. Perbanyak jumlah fans di facebook. Fanspagesnya s/d jutaan likes

Apa target pribadi Anda dalam bisnis online ini?

1. Kenaikan omset 20% pertahun

2. Penambahan varian items yg di import

3. Penambahan dan perluasan jaringan customer, reseller

4. Perluasan kantor

5. Penambahan SDM

 dan masih banyak lagi.

Menurut Anda, karakter apa yang perlu dimiliki oleh seseorang agar ia bisa sukses jualan online?

1. Sukses jualan online haruslah full time seller, tidak bisa di campur dengan pekerjaan lain apalagi disambil bekerja, karena toko Anda buka 24 jam , dan selalu ada buyer kapan saja yg ingin dilayani dengan cepat

2. Kreatif.

Ada tips soal jualan online yang bisa di-share?

1. Fast response

2. Branding yang baik

3. Fast shipping

4. Produk harus ready stock

5. Tata bahasa dalam mereply setiap pertanyaan harus ramah, sopan dan tegas.

6. Jangan di sambi dengan kerjaan lain


Sumber : https://blog.bukalapak.com/2014/10/faisal-adlan-raih-omzet-ratusan-juta-rupiah-dari-bisnis-online-mainan/
Support Blog ini dengan berkunjung dan berbelanja online di situs https://www.lapakdigital.web.id, klik disini Informasi Produk Digital, produk rumahan, peluang usaha online